Teknik Industri UII Gelar Lomba 3MT Challange @UII

Imam Djati Widodo dan Dwi Adi Purnama saat menjelaskan lomba 3MT Challange @UII kepada wartawan secara virtual, Sabtu (1/6/2024). (foto : istimewa)
Imam Djati Widodo dan Dwi Adi Purnama saat menjelaskan lomba 3MT Challange @UII kepada wartawan secara virtual, Sabtu (1/6/2024). (foto : istimewa)

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) menggelar lomba 3MT (Three Minutes Thesis) Challenge @UII. Lomba ini adalah memaparkan hasil penelitian Sarjana, Pascasarjana, dan Doktoral dalam waktu tiga menit, dengan satu slide dan tanpa alat bantu tambahan.

Demikian diungkapkan Dr Drs Imam Djati Widodo, M Eng Sc, Ketua Jurusan Teknik Industri FTI UII kepada wartawan melalui Zoom, Sabtu (1/6/2024). Selain Imam Djati Widodo, juga ada nara sumber Dr Dwi Adi Purnama, ST, Dosen Jurusan Teknik Industri dan Ketua Tim Pelaksana Lomba.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Imam menjelaskan lomba 3MT yang mempresentasikan karya inovatif (tesis/hasil penelitian/proposal penelitian/inovasi ide baru) merupakan hal yang menantang. Sebab peneliti dituntut untuk kreatif agar bisa menyampaikan hasil penelitian kepada masyarakat dalam waktu yang singkat.

Lomba ini akan memilih, kata Imam, mahasiswa atau peneliti yang memiliki lima kemampuan. Kelima kemampuan adalah ketrampilan komunikasi, pemahaman mendalam, jaringan dan eksposur, pengembangan karier, dan memperluas dampak.

Keterampilan komunikasi, kata Imam, melatih mahasiswa untuk menjelaskan penelitian mereka dengan cara yang jelas, ringkas, dan menarik bagi audiens non-spesialis. Pemahaman mendalam adalah memaksa mahasiswa untuk memahami dan mengartikulasikan esensi dari penelitian mereka, yang sering kali memperdalam pemahaman mereka sendiri.

Jaringan dan eksposur, tambah Imam, memberikan kesempatan untuk mempromosikan penelitian kepada komunitas akademik yang lebih luas, investor potensial, dan publik umum. Pengembangan karier adalah keterampilan komunikasi yang ditingkatkan dapat membantu dalam wawancara kerja, presentasi profesional, dan kolaborasi antar disiplin ilmu.

Sedang, memperluas dampak, jelas Imam, memungkinkan penelitian memiliki dampak yang lebih luas dengan menjangkau audiens yang lebih besar dan beragam. “Dengan format singkat dan padat, even ini mendorong mahasiswa untuk fokus pada pesan utama dari penelitian mereka dan menyampaikan dengan cara yang paling efektif,” kata Imam.

Sementara Dwi Adi Purnama mengatakan topik 3MT mencakup bidang keilmuan Teknik Industri dan serumpun dalam bidang. Yaitu, Ergonomics & Safety Engineering; Manufacturing System & Supply Chain Management; Industrial Operation & Management.

Menurut Adi, output dari kompetisi ini akan mendorong semangat mahasiswa untuk mencapai potensi akademik mereka dan membangun budaya riset dan kreativitas di kampus. Kemudian presentasi makalah ilmiah diharapkan akan terjadi pertukaran ide dan pengetahuan yang dapat menginspirasi dan memberikan kontribusi positif untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan masyarakat.

Kompetisi presentasi makalah ilmiah tingkat nasional ini diadakan untuk mendorong dan memperkuat semangat mahasiswa melakukan riset, inovasi, dan kreativitas. Selain itu, mahasiswa mendapatkan keuntungan langsung dari kompetisi ini berupa mendapatkan inspirasi baru untuk terus berkarya dan berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa depan.

“Juri berasal dari akademisi, .terdapat juri-juri internal dari Jurusan Teknik Industri UII dan juga juri eksternal dari jurusan teknik industri yang berasal dari perguruan tinggi lain,” kata Adi.

Lomba 3MT ini diperuntukkan bagi mahasiswa aktif program Sarjana (S1), Magister (S2), Doktoral (S3), atau lulusan baru yang telah menyelesaikan skripsi dalam waktu maksimal 12 bulan terakhir. Pendaftaran dan Pengumpulan Materi (video, abstrak, dan daftar pustaka) 1 Mei – 14 Juni 2024. “Saat mendaftar peserta tidak dipungut biaya,” tandas Adi.

Seleksi awal, tambah Adi, tanggal 15 – 27 Juni 2024. Pengumuman finalis yaitu 5 Besar untuk masing-masing kategori Sarjana dan Magister tanggal 28 Juni 2024. “Finalis akan diundang hadir di Kampus FTI UII,” kata Adi.

Sedang pengumuman pemenang kategori doktoral yang terdiri dari tiga pemenang tanggal 28 Juni 2024. Kemudian persiapan presentasi live kategori Sarjana dan Magister tanggal 29 Juni – 12 Juli 2024. “Final lomba dan pengumuman pemenang kategori Sarjana dan Magister tanggal 18 Juli 2024,” kata Adi.

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia menyediakan apresiasi bagi para juara. Untuk Juara 1 sebesar Rp 2.000.000; Juara 2 sebesar Rp 1.500.000; Juara 3 sebanyak Rp 1.000.000; dan Juara Favorit sebanyak Rp 750.0000. “Apresiasi tersebut untuk masing-masing kategori Sarjana, Magister, dan Doktoral,” kata Adi. (*)