UII Gelar Festival Seni Pertunjukan 2024

Kelompok Seni FIAI menampilkan kepedulian terhadap anak-anak Palestina. (foto : heri purwata)
Kelompok Seni FIAI menampilkan kepedulian terhadap anak-anak Palestina. (foto : heri purwata)

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Festival Seni Pertunjukan 2024 untuk memperingati Milad ke-81. Festival Seni Pertunjukan dilaksanakan di Auditorium Prof KH Abdul Kahar Muzakkir Kampus Terpadu UII, Kamis (11/7/2024).

Ike Agustina, SPsi, MPsi, Psikolog, Ketua Festival Seni Pertunjukan 2024 mengatakan festival seni ini menampilkan pertunjukan dari perwakilan Yayasan Badan Wakaf UII, Rektorat UII, dan delapan fakultas di UII. Festival ini juga dimeriahkan dengan hiburan hadroh Ikatan Keluarga Ibu-Ibu (IKI) UII, Remember Entertainment, dan penampilan dari dua orang dewan juri yaitu Timur Sinar Suprabana seorang budayawan dan Sosiawan Leak seorang penyair sekaligus penulis dan aktor.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Ike menjelaskan ada sepuluh tim yang telah merancang dan mempersiapkan berbagai seni pertunjukan. Di antaranya, pentas musik, teater, opera, tari, komedi, serta puisi kolosal untuk nantinya menghibur dan menyajikan pengalaman berkesan bagi para penonton yang menghadiri acara.

“Festival Seni Pertunjukan UII 2024 ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi sivitas akademika UII dalam mengekspresikan dan mempertajam bakat, minat, serta kreativitas di bidang seni pertunjukan. Selain itu, diharapkan menjadi momentum terjalinnya kolaborasi dan kebersamaan,” kata Ike.

Ike menambahkan perwakilan kelompok setiap unit baik dari yayasan, rektorat, ataupun fakultas wajib terdiri dari gabungan unsur mahasiswa, tenaga kependidikan, dan dosen. Ketentuan ini dimaksudkan agar tercerminnya semangat kebersamaan dan sinergi yang kuat antar sivitas akademika UII. “Acara ini juga menyuguhkan berbagai jajanan tradisional dikemas dalam bentuk angkringan untuk dinikmati sivitas akademika UII sembari menonton pertunjukan,” kata Ike.

Ike Agustina juga berharap acara ini mampu mengakomodasi mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan UII dalam mengekspresikan seni, kreativitas, dan kolaborasi. Acara ini lebih dari sekadar hiburan, tetapi juga mencerminkan semangat kebersamaan dan kreativitas di lingkungan unit kerja UII.

“Kami berharap melalui festival ini, setiap individu di UII dapat menunjukkan bakat dan potensi mereka, memperhalus budi melalui seni dan budaya serta mempererat ikatan antar pegawai dan kemampuan bekerja sama. Semoga acara ini menjadi sumber inspirasi untuk terus berinovasi dan berkarya, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari,” harap Ike. (*)